Saturday, November 17, 2018

5 TEKNIK PEMBUKAAN PRESENTASI POWERFULL



NAWIR YUSUF | Action Coach | Motivation Speaker, Dosen, Entrepreneur, Penulis.
MY Success Academy | Langit Biru Inspirasi

“If you want to be a leader, you had better be able to communicate.”- Paul A.Argenti, Profesor Management & Corporate Communication Tuck School of Business

Senada dengan hal ini Dr. Gilda Carle, Ph.D berkata, “For anyone, being able to communicate information is absolutly essensial.”

Kemampuan Public Speaking tak bisa dipungkiri menjadi salah satu skill yang mesti dimiliki oleh setiap orang yang bercita-cita menjadi Leader atau pemimpin, pada level kepemimpinan manapun skill ini menjadi nilai tambah tersendiri. Mulai dari tingkat siswa, mahasiswa, karyawan, profesional, manager, bahkan top leader perlu menguasai skill public speaking.

Untuk mendukung hal ini, suatu penelitian Employmeny Reserch Institut tahun 2005 mengungkapkan bahwa hardskill hanya berkontribusi 18% terhadap kesuksesan seseorang (nilai akademik, dll) , selebihnya 82% dikontribusikan oeleh kemampuan-kemampuan soft skill (salah duanya public speaking & network).
Dalam satu presentasi bagian pembukaan menjadi satu hal yang harus diperhatikan, karena 5 menit pertama akan sangat menentukan bagi suksesnnya public speaking Anda. Bila Anda mampu menarik perhatian audience pada menit-menit awal ini maka akan menimbulkan kesan yang luar bisa dan kemudian akan menimbulkan efek magnetik yang luar biasa menarik perhatian audiece.

Lantas bagaimana melakukan pembukaan presentasi yang powerfull yang menarik perhatian audience?
Berikut 4 Teknik Presentasi yang Powerfull :
1) Visual Impact
Lakukan sedikit atraksi visual sederhana tapi memiliki dampak yang luar biasa, semacam pertunjukkan kecil, misalnya adegan sulap atau adegan sederhana lainnya, lalu kemudian hubungkan dengan materi presentasi Anda

2) Powerfull Question
Anda bisa membuka presentasi dengan pertanyaan yang powerfull, pertanyaan yang mungkin jarang didengar oleh audience Anda yang bisa menimbulkan efek berpikir kritis aundience.

3) Audience Participation
Pada teknik ini Anda bisa meminta pertisipasi langsung Audiens, melibatkan mereka dalam pembukaan presentasi.

4) Cerita
Sudah menjadi fitrah manusia menyukai cerita, pada rentang usia manapun pasti menyenangi cerita. Pilihlah cerita yang menarik yang mungkin belum pernah didengar audience, atau cerita lama namun sajikan dengan gaya yang berbeda, sehingga menyita perhatian audience untuk lebih mendalami presentasi Anda

5) Fakta Yang Mengejutkan
Bukalah presentasi Anda dengan suatu fakta yang mengejutkan dan jarang diketahui orang, hal ini akan menyita perhatian audience, karena fakta orang menyukai berita yang baru dan mengejutkan.
Apabila Anda tertarik lebih jauh untuk mendalami skill Public Speaking ini, silahkan Anda dapat bergabung dengan kami di MY Success Academy untuk mengikuti Program JAGOAN Public Speaking, kami akan membantu Anda mengeluarkan potensi terbaik Public Speaking Anda.

Semoga bermanfaat, Salam Inspirasi Sukses!
Whatsapp : 081340234583
http://mysuccessacademy.wordpress.com

No comments:

Post a Comment